Selasa, 27 Maret 2012

Apa itu Alexa


Alexa merupakan sebuah website yang menyediakan layanan infomasi tentang peringkat  web, sebagai perbandingan dan dapat memberi ranking web kita. Alexa ini mungkin hampir sama seperti website yang menyediakan ranking yang berupa pagerank dari 0 sampai 10, namun khusus alexa menyediakan ranking dari 1 sampai tidak terhingga, dan angka-angka terbebut menunjukkan sejauh mana traffic kita jika dibandingkan dengan yang lain. Karena itu keakuratan alexa dalam memberikan peringkat cukup tinggi.
  Makin kecil rankingnya, makin bagus pula tingkat kepopularitasan suatu website (sama aja kaya di sekolahan, hehe). Ranking yang bersumber dari alexa inilah yang disebut alexa rank. Alexa rank ini salah satunya dipengaruhi oleh traffiic suatu web. Makin banyak dikunjungi, makin bagus pula rankingnya.

Lalu Apa kegunaan Alexa ?
Ya tentu saja, kita bisa mengetahui perkembangan, kualitas dan popularitas dari web yang kita miliki, apakah itu blog, website, ataupun forum. Sampai saat ini, keberadaan alexa masih sangat penting dalam mengukur ranking web. Banyak website iklan yang menjadikan alexa rank sebagai parameter. Maksudnya, mereka beriklan berdasarkan peringkat alexa dalam penentuan harga. Kini kita juga bisa lihat sudah banyak yang memasang widget alexa di website. Untuk satu hal, memantau perkembangan blog, dan satu lagi, untuk pamer :p. Kita sebagai pemilik website yang memiliki kepopularitasan yang tinggi tentu bangga, dan ingin memperlihatkannya kepada pengunjung. Dan hasilnya, makin banyak pula orang yang akan memberikan respon di web kita karena mereka tahu akan mendapatkan backlink yang baik jika memberikan respon kepada website dengan tingkat popularitas yang lebih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger