Rabu, 28 Maret 2012

Menghitung Konsentrasi Larutan Dengan Kalkulator Online


Membuat larutan merupakan kegiatan yang lazim dilakukan di laboratorium, larutan bisa dibuat dengan cara pengenceran atau membuat larutan baru dari padatan atau serbuk yang tersedia. Membuat larutan harus diperhitungkan terlebih dahulu secara teliti, jika tidak maka konsentrasi yang diinginkan bisa jadi tidak sesuai. Membuat larutan kini tidak perlu susah-susah menghitung di secarik kertas karena sudah ada kalkulator kimia online yang akan memudahkan Anda dalam menyiapkan bahan yang akan dijadikan larutan.

Kalkulator kimia online ini dibuat oleh Sigma Aldrich, salah satu produsen bahan-bahan kimia ternama di dunia. Kalkulator kimia online sudah didesain sedemikian rupa agar memudahkan Anda dalam membuat larutan, tersedia dalam berbagai satuan. Kalkulator kimia online ini terdiri dari 3 macam perhitungan, yaitu pembuatan larutan secara pengenceran, pembuatan larutan dengan melarutkan padatan, dan asam basa.
Kalkulator pengenceran, kalkulator ini dapat Anda gunakan untuk menghitung berapa banyak larutan yang Anda butuhkan untuk membuat larutan baru dari larutan yang telah diketahui konsentrasinya.
Kalkulator massa molar, kalkulator ini dapat Anda gunakan untuk membuat larutan dari padatan. Sehingga Anda tahu berapa gram padatan yang harus Anda ambil untuk membuat larutan dengan konsentrasi yang telah Anda tentukan sebelumnya.
Kalkulator asam basa, digunakan untuk membuat larutan asam atau basa dengan molaritas atau normalitas tertentu, sehingga Anda tahu berapa banyak yang harus Anda encerkan atau larutkan.
Itu tadi kalkulator kimia online yang dapat Anda gunakan untuk menghitung kebutuhan bahan dalam membuat larutan, prinsipnya sederhana, yaitu rumus-rumus stoikiometri dasar seperti pelajaran kimia dasar.

sumber : http://ibnmalik.net
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger