Selasa, 03 April 2012

3 Strategi Jitu Menjawab Soal-Soal Ujian Nasional


Bagi anda yang duduk di kleas 6 SD, 9 SMP, 12 SMA/MA/SMK sebentar lagi Ujian Nasional. Anda harus mendapatkan nilai tertentu supaya bisa lulus. Situasi seperti ini bisa membuat anda stress… Jangan takut!!!
Ikuti tip dan trik ini, saya jamin nilai anda minimal 6. Cukup kan kalo cuma pengen lulus doang… he 100x
Yang harus anda tahu adalah;
1.  Soal-soal UN masih dalam bentuk PG (pilihan ganda). Artinya, kalo kepepetpun masih bisa ditembak.
2. Sistem penilaiannya didasarkan pada jawaban benar. Artinya, daripada dibiarkan kosong mendingan diisi semua. menjawab salah tidak akan didenda. menjawab benar mendapat skor.
Ada 3 strategi yang harus anda jalankan :


Strategi 1. Bisa jawab, ga bisa tinggal.
Maksudnya, setelah anda menerima naskah soal dari pengawas ujian singkirkan yang lain-lain. LJK disimpan dulu. Anda hanya diperkenankan memegang naskah soal dan sebatang pensil.
Baca soal nomor 1 dengan cepat. kalo anda bisa menjawab soal nomor 1 beri tanda pada pilihan jawaban benar, kalo ga bisa dilewat dulu dan pindah ke no. 2. Baca soal no. 2 dengan cepat, bisa jawab ga bisa tinggal. Begitu seterusnya. Kenapa….?
Begini… soal-soal UN itu dibagi menjadi tiga kelompok; 20% soal-soal sukar, 50% soal-soal sedang, dan 30% soal-soal mudah. Nah, dengan strategi 1 kamu tidak kehilangan soal-soal mudah karena sudah kamu temukan dan kamu kerjakan.
Strategi 2. Bila kamu ragu, ikuti kata hati.
Setelah menerapkan strategi 1, kembali lagi ke awal.  Soal yang sudah dijawab dengan strategi 1 jangan dikutak-katik lagi. Baca soal yang tadi tidak bisa dijawab. tapi… membacanya jangan secepat di strategi 1. pelan-pelan saja sambil sedikit dipikir. Ada 3 keputusan yang harus diambil setelah membaca untuk kedua kali ini, yaitu; bisa, ragu-ragu, dan tidak bisa.
Untuk soal yang bisa dijawab, ya jawab. untuk soal yang ragu-ragu ikuti kata hati, dan untuk soal yang tidak bisa beri tanda apa kek di nomor soal naskah.
Tunggu dulu… soal yang ragu-ragu itu seperti ini. Kamu ragu apakah jawabannya itu A atau B, C atau E, B atau D, dan seterusnya. Pokoknya soal yang ragu itu tinggal menyisakan 2 pilihan. kalo lebih…bilang aja ga bisa. ha…10x
Kalo ragu ikuti kata hati. caranya… pejamkan mata sambil membayangkan 2 dua pilihan yang ada. Mana yang kelihatan atau mana yang terlihat lebih terang itulah jawabannya menurut kata hati sendiri. Kenapa harus mengikuti kata hati…? Begini alasannya…
Berdasarkan penelitian suatu pilihan yang didasarkan pada kata hati akan memiliki ketepatan minimal 50%. Jadi kalo ada 10 soal dijawab dengan mengikuti kata hati 5 soal minimal akan dijawab benar.
Catatan:
Sebelum melanjutkan ke strategi 3, pindahkan dulu jawaban kamu ke LJK yang disediakan. Semua jawaban yang sudah disalin ke LJK menjadi kunci untuk strategi 3.
Strategi 3. Tembak.
Untuk soal-soal yang tidak tahu jawabannya, kamu tembak saja. Tapi nembaknya pake strategi. Begini ilustrasinya….
Kalo kamu tidak pernah pegang senjata apalagi latihan nembak, kemudian kamu diminta untuk menembak burung-burung yang lewat diatas kepala, apa yang akan kamu lakukan? Jawabannya… arahkan saja senjata kamu ke atas dan muntahkan sebanyak mungkin amunisi. pasti ada salah satu burung yang kena meskipun kamu sambil merem alias mata ditutup. Tapi.. kalo kamu berlagak seperti penembak jitu, apalagi kalo nembaknya sambil nungging segala…dijamin kagak bakalan ada burung yang kena. Maksud lho…
Begini…Sebelum nembak soal yang ga bisa kamu jawab, lihat dulu LJK kamu. Cari option atau pilihan yang paling sedikit kamu hitamkan di LJK. Kalau pilihan A yang paling sedikit, berarti semua soal yang tidak bisa harus dijawab A, kalau C yang paling sedikit, berarti semua soal yang tidak bisa harus dijawab C. begitu seterusnya..
Bagaimana teorinya? Begini…
Rumus membuat kunci jawaban itu seperti ini: Jumlah soal dibagi jumlah option plus minus 3. Jadi, kalau ada 50 soal maka dalam setiap option terdapat 10 kunci. Dan, kalau kamu menebak jawaban dengan strategi 3 minimal 20% soal akan dijawab benar.
Nilai Ujian Nasional kamu akan seperti ini…
Kalau dari 50 soal, bisa 20, ragu-ragu 20, dan tidak bisa 10, maka skor kamu minimal 20 + 10 +  2 = 32 dengan nilai 6,4
Saran saya belajarlah lebih rajin supaya lebih banyak soal yang bisa kamu jawab sehingga nilai kamu pasti akan lebih bagus.
Selamat menempuh Ujian Nasinal semoga nilai-nilainya bagus semua.

sumber : Google.com
Reaksi:

2 komentar:

  1. apapun strateginya, yang pasti sebelum unas harus belajar dulu...
    dan mencontek seminimal mungkin, lebih baik jika mengerjakan sendiri, kecuali kepepet...
    hehehe...

    BalasHapus
  2. betul bang, yang penting kita belajar dengan semaksimal mungkin dan dibantu dengan Doa. Insyaallah hasilnya memuaskan.

    maturnuwun sudah berkunjung.

    BalasHapus

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger