Senin, 05 Maret 2012

Duh! Ada Virus Pengubah 'Komputer' Jadi 'Tong Sampah'

Trisno Heriyanto - detikinet
Senin, 05/03/2012 12:16 WIB

Terkena virus (ist)
Jakarta - Virus penyerang komputer makin beragam, salah satu yang semakin banyak beredar adalah virus yang mampu mengubah 'komputer' menjadi 'tong sampah'.

Ya, virus tersebut akan secara otomatis mengubah icon My Computer menjadi Recycle Bin di setiap komputer yang dihinggapinya. Tak cuma itu, virus dengan nama W32/VBTroj.DAAA ini juga akan menduplikasi file berekstensi.exe yang mengandung malware.



Dilihat dari namanya, W32/VBTroj.DAAA, tampaknya virus ini dibuat dengan menggunakan pemograman Visual Basic. Virus ini memanfaatkan file folder yang di duplikasi untuk mengelabui pengguna agar dapat mengklik dan menyebarkan file ganda tersebut kesemua folder dengan ukuran file 356 kb.

Berdasarkan keterangan yang diterima detikINET dari vaksincom, Senin (5/3/2012), berikut adalah ciri-ciri komputer yang sudah terjangkit virus tersebut.
  • Saat pertama kali masuk windows muncul pesan error "Microsoft Windows" karena virus aktif bersamaan dengan proses Explorer windows saat startup.



  • Terkadang Microsoft internet Explorer tidak dapat menampilkan alamat situs dan muncul pesan error.



  • Membuat banyak file duplikat dari setiap folder yang kita klik dengan nama yang sama, misalnya saat kita buka folder dengan nama Data maka virus akan membuat salinannya menjadi Data.exe



  • Apabila setiap file virus tersebut kita klik maka akan berjalan di memori serta mengambil resource memory sekitar 7.000 kb jadi bisa dibayangkan bila kita tidak sengaja mengklik file – file virus tersebut maka akan menguras memori yang membuat komputer menjadi lemot.

Selain itu akan ada beberapa fungsi Windows yang akan diblok oleh Virus.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger