Selasa, 27 Maret 2012

Merawat Baterai Laptop


Zaman sekarang laptop bukan merupakan barang mewah lagi seperti beberapa kurun waktu lalu. Informasi dewasa ini sudah tidak terbatas, dimana – mana orang menggunakan laptop, di pusat perbelanjaan, di cafe atau restoran, bahkan di beberapa sekolah menengah tertentu di tanah air mewajibkan siswanya menggunakan laptop sebagai media belajar mengajar, hal ini ditunjang meningkatnya daya beli masyarakat kita untuk memiliki laptop, selain itu harganya kian hari kian turun.


Baterai adalah nyawanya laptop, bagi orang yang sering ber traveling, baterai laptop merupakan media yang sangat teramat penting. Maka dari itu baterai laptop hendaklah dirawat dengan baik. Harga seperangkat baterai laptop tidak lah murah (berkisar Rp.600 sd Rp.1juta) per unit. Saya percaya tentu anda tidak berencana mengeluarkan uang dengan tergesa-gesa untuk mengganti sebuah baterai laptop bukan..?

Pada posting kali ini agar umur pakai baterai anda menjadi awet dan tidak cepat rusak, saya ingin sharing-kan Sepuluh sembilan Tips Merawat Baterai Laptop anda.


  1. Jika anda bekerja di tempat di mana ada sumber daya lisrtik, selalu sambungkan pada laptop anda. Akses ke sumber listrik akan membantu menghemat baterai melalui pengisian ulang dan akan membuat rentang hidup baterai (Durability) bertahan lebih lama.
  2. Pastikan bahwa udara bebas mengalir dan bersirkulasi dengan baik melalui laptop. Baterai cenderung bekerja lebih berat ketika sistem pendingin tidak memadai. Karena casing dari laptop ini dirancang setipis mungkin akan mengakibatkan laptop cepat menjadi panas, jadi pastikan bahwa fungsi kipas pendingin bekerja dengan benar dan saya sarankan gunakan Cooling Pad sebagai tambahan pendinginan.
  3. Dengan mengurangi kecepatan CPU. Anda dapat melakukan ini dengan mengubah Setting  Battery Power. Pengaturan Battery Saver dapat dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan penggunaan. Pengaturan opsi ini secara tidak langsung akan meminimalisir kecepatan prosesor.
  4. Defragging secara berkala harus  dilakukan agar hard drive pada laptop berakselerasi lebih cepat. Defragmentasi akan menyusun data-data pada hard disk menjadi lebih terstruktur dan akan memerlukan daya lebih sedikit dibandingkan jika file di dalam hard disk acak-acakan. Perlu diingat, sambungkan laptop anda ke sumber listrik pada saat anda melakukan Defragging.
  5. Kurangi penggunaan device seperti USB Flash Disk dan perangkat eksternal lainnya secara berlebihan, termasuk Wi-Fi dan Mouse. Hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop anda. Jika device USB tidak harus nongkrong terus di USB slot, silahkan eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai.
  6. Anda juga harus membersihkan logam kontak (logam penghubung ) baterai laptop secara berkala menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan alkohol. Hal ini akan membuat kontak catu daya dari baterai ke laptop menjadi efisien.
  7.  
  8. Kurangi penggunaan multitasking atau membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus. Sebisanya pada saat anda berkerja dengan laptop, lakukan dan tuntaskan salah satu pekerjaan saja pada satu waktu. Multitasking dapat menguras daya baterai lebih cepat.
  9. Mematikan jadwal seperti update anti-virus online dapat memperpanjang  umur baterai laptop anda.
  10. Kurangi volume speaker laptop atau matikan saja  jika tidak terlalu diperlukan.
Reaksi:

2 komentar:

  1. menggunakan kipas saya rasa juga akan menghabiskan umur baterai, kan sumber arusnya diambil dari USB yang berasal dari baterai..

    BalasHapus
  2. iya juga gan, betul juga pendapatmu.
    makasih atas tambahan nya. :)

    BalasHapus

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger