Jumat, 09 Maret 2012

MiniTool Partition Wizard


Aplikasi yang dulu bernama Partition Wizard Home Edition (tanpa embel-embel MiniTool) merupakan solusi manajemen partisi hard disk yang lengkap, mudah, serta gratis. Penambahan nama MiniTool ditujukan untuk menampilkan jati diri MiniTool Solution Ltd., pengembang aplikasi ini.
Meskipun gratis, fungsi-fungsi yang ditawarkan Partition Wizard tergolong lengkap. Anda bisa mendapati fungsi umum seperti membuat, mengubah ukuran, memformat, menyalin, menghapus partisi, sampai mengonversi partisi dari FAT ke NTFS.
Jika Anda ingin memeriksa kesehatan hard disk, coba aktifkan fungsi Surface Test. Kemampuannya dalam mendeteksi bad sector bisa diandalkan. Partisi rusak atau terhapus? Jangan panik dulu. Anda bisa memulihkannya dengan fungsi Partition Recovery. Bahkan, fungsi ini disediakan melalui modus wizard yang menjelaskan langkah demi langkah.

Dua modus wizard lainnya yang cukup penting yaitu Copy Partition dan Copy Disk. Secara umum,  keduanya berfungsi untuk mencadangkan (backup) partisi atau seluruh konten hard disk ke hard disk lain. Jadi, Anda tidak perlu melakukan proses instalasi ulang jika memiliki hard disk baru. Cukup menggandakan sistem yang telah dibuat sebelumnya.
Bagusnya, tiap task yang telah Anda tentukan tidak langsung dikerjakan oleh aplikasi ini, melainkan ditampung terlebih dahulu pada kategori Operations Pending. Maka, sebelum di-apply, Anda dapat memeriksa ulang kalau task tersebut ingin diganti atau diubah. Setelah yakin, tinggal klik Apply dan proses akan berlangsung.
Partition Wizard mendukung beberapa sistem file seperti FAT12, FAT16, FAT32, NTFS, Ext2, Ext3, dan Linux Swap, begitu pula dengan modus RAID. Aplikasi ini pun mendukung kapasitas hard disk masa kini yang memiliki kapasitas di atas 2 terabyte. Dukungan sistem operasi pun cukup fleksibel karena bisa digunakan pada mode 32-bit dan 64-bit dari Windows XP hingga 7, sedangkan untuk Windows 2000 cuma mendukung modus 32-bit.
Jika merasa feature yang ada masih kurang, Anda bisa memilih versi berbayar yang terdiri dari versi Professional Edition, Server Edition, Enterprise Edition, serta Technician Edition yang disesuaikan dengan setiap segmen dengan kebutuhan berbeda.
(Dayu Akbar – Kontributor)
****
Manajemen partisi hard disk hingga solusi backup dan recovery telah tercakup dalam MiniTool Partition Wizard. Menariknya mesti tersedia pula versi berbayar dengan feature yang lebih lengkap, versi Home Edition sudah memiliki fasilitas mencukupi bagi kebutuhan sehari-hari.

Spesifikasi
Jenis
Freeware
Ukuran berkas instalasi
10,57 MB
Situs Download
Sistem Operasi
Windows 2000/XP/Vista/7

Plus     : Fungsi manajemen partisi yang lengkap; dukungan sistem file beragam; bisa mem-backup dan recovery hard disk; memiliki fungsi pemeriksa kesehatan hard disk.
Minus : Beberapa fungsi tambahan mesti diunduh secara terpisah.
sumber : infokomputer.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger