Sabtu, 07 April 2012

SSD Baru Intel, Percepat Booting Laptop


WASHINGTON - Intel mulai mengapalkan Solid State Drives (SSD) terbarunya yang ditujukan untuk laptop. SSD ini diklaim dapat mempercepat waktu ketika booting serta mampu membuat aplikasi bisa terbuka lebih cepat.

SSD besutan Intel ini memberikan kemampuan akses data yang lebih cepat ketimbang hardisk drive (HDD) tradisional. "SSD ini memberikan kecepatan dalam proses boot dan mempercepat program yang akan dibuka," tutur Director at Objective Analysis Jim Handy, seperti dilansir Computerworld, Sabtu (7/4/2012).

Menurutnya, perangkat baru ini juga mampu meningkatkan daya tahan baterai laptop. Pasalnya SSD ini bisa mempersingkat waktu HDD berputar. Namun, SSD terbaru ini kabarnya memiliki harga yang mahal serta kapasitas penyimpanan data yang lebih kecil. 

SSD baru ini dibuat dengan menggunakan proses manufaktur 25 nanometer ketimbang pendahulunya yang diproduksi dengan proses manufaktur 34 nanometer. Perangkat keras anyar ini mengusung teknologi single-level cell (SLC) yang memungkinkan satu bit data disimpan pada satu sel. Intel juga mengatakan, SSD SLC ini bisa 10 kali lipat lebih kuat dibandingkan SSD jenis multi-level cell (MLC). 

Intel sebelumnya telah menawarkan keluarga SSD berbentuk kecil yaitu seri 313 yang hadir dengan daya tampung data sebesar 20GB (harga USD113) dan 24GB (harga USD138). Model SSD 313 kapasitas 20GB ini mampu melakukan read/write dengan kecepatan 220MB per detik, sementara model 24GB-nya bisa mencapai 160MB per detik. (fmh)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger