Kamis, 06 Maret 2014

Uji Antutu Tak Akurat Sebabkan Nilai Benchmark Chip Intel Melesat



Awal Juli lalu hasil penilaian untuk chip mobile Intel dikabarkan mendapat nilai tinggi. Saat itu, hasil uji performa di aplikasi AnTuTu Benchmark memperlihatkan semua arsitektur ARM berhasil dilampaui Intel.

Akan tetapi, hasil uji performa itu dinilai tidak akurat dan membuat AnTuTu memperbaiki database penilaiannya. Akibat dari perbaikan itu membuat skor chip Intel merosot sebesar 20 persen dari nilai yang didapatnya awal bulan lalu.



Tak akuratnya penilaian AnTuTu itu dibongkar oleh sebuah lembaga konsultan, Berkeley Design Technology Inc (BDTI). Lembaga itu menyebutkan tidak semua instruksi dieksekusi oleh prosesor buatan Intel ketika diuji. Ini membuatnya tak seharusnya mendapat nilai tinggi.

Dikutip dari Slashgear, Minggu (14/7/2013), BDTI menunjukkan penyebab ketidakakuratan itu ditengarai oleh kompiler ICC versi 2.9.4 yang dipakai AnTuTu dan hanya digunakan untuk prosesor Intel. Padahal, untuk menilai prosesor lain AnTuTu memakai kompiler lain, yakni GCC.

Merespon laporan tersebut, AnTuTu segera mengeluarkan revisi di versi 3.2.2 aplikasinya. Revisi ini mengakibatkan skor raihan prosesor Intel melorot drastis.

Aplikasi benchmarking itu menurunkan hasil uji CPU dan secara keseluruhan sekitar 20 persen. Sementara hasil raihan skor prosesor itu di sisi RAM turun hingga sekitar 50 persen, sedangkan skor lainnya terlihat tidak mengalami perubahan.

Perubahan yang dilakukan AnTuTu itu ternyata relatif tidak memberikan perubahan hasil benchmark untuk Qualcomm Snapdragon 600 dan Samsung Exynos 5 Octacore. Semua perubahan tersebut menujukkan bahwa chip Exynos 5 Octa buatan Samsung masih lebih unggul daripada peringkat yang didapatkan chip Intel Atom Z2580. AnTuTu mengaku berencana untuk mengeluarkan standar pengujian baru bulan depan. Standar baru itu diklaim akan memperlihatkan seberapa besar perubahan skor pengujian untuk semua chip mobile yang ada.
Sumber : http://www.kolomberita.com/2013/07/uji-antutu-tak-akurat-sebabkan-nilai.html
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger