Minggu, 01 April 2012

Awas, Beredar Game Android Mengandung Trojan

Metrotvnews.com, Jakarta: Serangan terhadap platform berbasis Android makin menjadi-jadi. Kali ini sebuah aplikasi game palsu sengaja dirancang untuk mencuri informasi penting dari telepon seluler Android. Aplikasi game ini bernama “The Roar of the Pharaoh” dan mengandung trojan.

Aplikasi game ini tidak didistribusikan melalui Google Play, melainkan lewat pihak ketiga. Oleh Sophos program berbahaya ini terdeteksi sebagai Andr/Stiniter-A. Trojan ini tidak seperti trojan pada umumnya karena tidak meminta hak akses tertentu saat diinstal.


Setelah diinstal, aplikasi berbahaya ini justru mulai menjalankan aksinya, yaitu mengumpulkan informasi-informasi penting seperti nomor IMEI, jenis ponsel, ukuran layar, platform, nomor telepon, dan versi OS (sistem operasi) yang dipakai. Semua informasi itu lalu dikirim ke pembuat malware.

Seperti trojan mobile lainnya, trojan satu ini secara otomatis akan mengirim pesan SMS ke nomor SMS premium tertentu, sehingga pulsa Anda akan membengkak. Trojan ini bahkan mampu membaca SMS Anda juga.

Agar tidak mudah dikenali, trojan Andr/Stiniter-A menyamar sebagai sebuah layanan bernama “GameUpdateService”. Ia juga akan mencoba berkomunikasi dengan empat situs (.com) dengan path “tgloader-android”. Karena itulah sebagian orang menyebut trojan ini dengan nama TGLoader.

Pastikan Anda hanya menginstal aplikasi dari sumber yang resmi saja mengingat serangan cyber belakangan ini banyak yang mengarahkan serangannya ke perangkat mobile. (Sophos/internetsehat/DOR)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Baca artikel lainnya juga ya.. Kalau Sempat, tinggalkan komentar .

Popular Posts

Sahabat Blogger